Sabtu, 01 Agustus 2009

Negara Jiran


"Kapal-kapal nelayan Malaysia hampir setiap hari melanggar batas wilayah perairan Indonesia di Laut Natuna, tepatnya di sebelah barat pantai Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Mereka menangkap ikan menggunakan alat pukat harimau." source : Kompas, 2 Agustus 2008

Indonesia adalah negara yang lautannya luas dari daratnya. Kita semua tau itu. Tapi kenapa pemerintahnya masih menggiring rakyatnya untuk mencari rezeki di darat? Apakah karena Indonesia adalah negara di khatulistiwa yang sangat berkelimpahan sumber energi tak terbatas; Matahari? Dengan matahari tanaman menjadi mudah tumbuh? Saya tidak mengunderestimate mata pencaharian bercocok tanam yang sudah akrab dengan bangsa kita dari dulu. Tetapi kenapa kita tidak berpikir sejenak. Berpikir di luar kotak. Kita masih mempunyai potensi yang lebih besar.LAUT.

Laut adalah sumber potensi yang besar buat bangsa ini. Tetapi kenapa kesejahteraan nelayan masih rendah? Beda dengan negara tetangga, karena kesejahteraanya tinggi mereka dapat membuat kapal yang canggih yang dilengkapi radar, sehingga angkatan laut kitapun kadang dipecundangi oleh kapal nelayan mereka.

Kepada Bapak-bapak TNI AL, tetap semangat mempertahankan keamanan di laut Nusantara. Jika ada kapal nelayan asing yang tertangkap, jangan di hancurkan, lebih baik diserahkan kepada nelayan-nelayan lokal.

0 komentar:

Posting Komentar