Rabu, 26 Agustus 2009

Humor, suatu buah lidah yang menghibur


Humor a.k.a bercanda. Dua hal di tersebut sangatlah menyenangkan. Humor membuat kita merasa senang, bahagia, terhibur dan lain sebagainya. Humor membuat kita menjadi rileks, santai, lupa segala masalah-masalah untuk sesaat. Mungkin inilah yang membuat sesuatu yg berbau humor sangat disukai semua orang. Termasuk Saya. Konon tertawa dapat membuat kita awet muda. Dan ternyata emang bener, Saya awet muda Loch..=)
Dalam bercanda sangat banyak yang bisa dijadikan bahan untuk ditertawakan. Tapi beberapa hal yang sangat Saya hindari yaitu; bercanda tentang kekurangan fisik seseorang, status sosial, mental ataupun ekonomi dan status kecerdasan. Fisik, status sosial , mental dan ekonomi sudah ditetapkan dari sononya. Tidak ada yang mau berwajah jelek, berkaki pengkor, berambut keriting. Tidak ada yang mau hidup miskin menderita, apalagi dihina. Tidak ada yang mau jadi gila, bodoh, idiot, goblok dan sebagainya, kecuali itu sudah digariskan oleh Allah Subhanahuwata'ala. So, kita menertawakan ciptaan-Nya?
Intinya saya sangat menghindari bercanda tentang nasib seseorang. Karena semua itu sudah digariskan dari sebelum kita lahir ke dunia ini. Jadi, kalau kita mengejek atau bercanda tentang hal tersebut di atas, berarti kita telah menertawakan Sang Pencipta yang telah menggariskan sesuatu hal kepada seseorang. Saya menilai orang yang membuat bahan bercandaan tentang fisik seseorang adalah sangat tidak lucu. Dan TIDAK pantas untuk ditertawakan. Orang tersebut pikirannya sangat dangkal dan tidak kreatif. Jika ingin bercanda, sangat banyak sekali yang bisa dijadiin bahan tertawaan. Just "be creative" sajalah dalam memandang sesuatu dari sudut pandang lain. Ditambah dengan sedikit imajinasi. Pasti ketemu sisi lucunya.

3 komentar:

AuroRa mengatakan...

mantaapp.... itu baru namanya bercanda yang baik... begitu banyak hal untuk ditertawakan, namun patutlah kita untuk memilah-milah, mana yang akan membuat orang terhibur, mana yang membuat orang tersinggung...
http://www.langitimur.web.id

kani mengatakan...

hi frnd blog walking.I smiled at you .Now its u r turn to smile me back on my chat box.Thank you

jonli rahmad koto mengatakan...

becanda itu penting biar hilang kejenuhan dan beban hidup ya gak bro...

Posting Komentar